Senin, 11 Juni 2012

KERJASAMA TRAINING METODOLOGI ANP

PENDAHULUAN

Tantangan terbesar dalam membuat suatu penelitian adalah menentukan metodologi yang tepat untuk digunakan dalam penelitian. Seringkali para mahasiswa yang akan melakukan penelitian, terutama mereka yang berasal dari bidang ilmu bukan statistik, merasa memiliki kesulitan untuk memahami statistik/ekonometrik dalam waktu singkat, mengingat bidang ilmu statistik/ekonometrik bukanlah bidang ilmu yang mereka tekuni. Hal ini tidak jarang berdampak pada terjadinya ketidaksinkronisasi antara tujuan penelitian dan metodologi penelitian itu sendiri. Ibarat memotong kue dengan menggunakan kapak, untuk mendapatkan hasil penelitian menggunakan alat analisis yang tidak sesuai dengan tujuan penelitian.

Pada umumnya, mahasiswa yang bukan mengambil konsentrasi statistik maupun ekonometrik akan mengambil langkah aman penelitian yakni dengan menggunakan studi kualitatif deskriptif. Model penelitian ini mengedepankan analisis melalui tinjauan pustaka dan studi literatur. Padahal ada pendekatan lain dimana metode kualitatif deskriptif dapat dihitung secara kuantitatif sehingga hasil yang digambarkan akan lebih akurat.   

ANP (Analytic Network Process) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan yang sangat powerfull untuk diterapkan baik dalam ilmu manajamen, ekonomi, pendidikan, teknologi informasi, dan bidang-bidang ilmu lainnya. Metodologi yang dikembangkan oleh Saaty ini memilih pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan perhitungan supermatriks sehingga hasil penelitian akan lebih akurat daripada metodologi sejenis lainnya. ANP adalah salah satu metodologi yang paling umum dan mudah diaplikasikan untuk studi kualitatif yang beragam, seperti pengambilan keputusan, forecasting, alokasi sumber daya, dan lain sebagainya. Penggunaan metode ini telah terbukti manfaatnya baik bagi banyak perusahaan terutama instansi-instansi perbankan termasuk Bank Indonesia (BI).

Oleh sebab itulah SMART CONSULTING menawarkan pelatihan selama sehari terkait dengan tema metodologi ANP untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa sarjana dan pasca sarjana yang hendak menyusun penelitian ilmiah dengan menggunakan metodologi ANP.


PELAKSANAAN

Pelaksana
Pasca Sarjana Universitas/Perguruan Tinggi terkait bekerjasama dengan SMART CONSULTING.

Tema
Metodologi Penelitian ANP (Analytic Network Process).

Sasaran Peserta
1.    Mahasiswa Pasca Sarjana (S2 dan S3)
2.    Mahasiswa Sarjana (S1)
3.    Masyarakat akademis lain.
 
Tujuan
Memberikan pelatihan kepada mahasiswa sarjana dan pasca sarjana yang hendak melakukan penelitian akhir tentang metodologi ANP teori dan praktik serta mereka yang berminat untuk mempelajari metodologi ANP. 

Tempat
Aula Pasca Sarjana Universitas/Perguruan Tinggi terkait.

Waktu
(Ditentukan kemudian)

Pembicara
  1. Ascarya, Ir. MBA., M.Sc  (Pakar Metodologi ANP Indonesia, Peneliti Bank Indonesia pada Pusat Pendidikan Studi Kebanksentralan/PPSK, Dosen Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia, Dosen Pasca Universitas Trisakti, Pembicara Konferensi dan Forum Nasional dan Internasional Ekonomi-Keuangan Islam, menyelesaikan Master pada Pittsburg University, USA)
  2. Aam Slamet Rusydiana, SEI (S1 STEI Tazkia, S2 Universitas Indonesia (on going) / Penulis dan Peneliti Ekonomi Islam. Konsultan SMART CONSULTING)
  3. Abrista Devi, M.E.I (Konsultan pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, aktifis Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Pakar Metodologi ANP, Staf Pengajar Universitas Ibnu Khaldun)

MATERI TRAINING METODOLOGI ANP:
1.    Konsep Dasar ANP
2.    Beberapa Fitur ANP
3.    Perbedaan ANP dan AHP
4.    Landasan ANP: Resiprokal, Homogenitas, Struktur Hierarki (AHP)
5.    Prinsip Dasar: Dekomposisi, Penilaian Komparasi, Komposisi/Sintesis
6.    Fungsi Utama ANP
7.    Konsistensi dalam ANP
8.    Bentuk-bentuk Jaringan: Holarki, Hierarki, Analisa BCR, Jaringan Umum
9.    Prosedur Mendapatkan Skala Rasio
10. Supermatriks dalam ANP
11. Aplikasi AHP dan ANP
12. Tahapan Penelitian: Konstruksi Model, Kuantifikasi Model, Analisis
13. Menghitung Geometric Mean
14. Rater Agreement
15. Mengenal Super Decision
16. Mengenal Node, Cluster, Connection, etc
17. Menyusun Kuesioner ANP
18. Materi Praktik dengan Software
19. Contoh-contoh Penelitian yang Menggunakan ANP
20. Beberapa Tema Penelitian Mendatang yang Dapat Dilakukan dengan ANP
21. Diskusi dan Sharing
 
Fasilitas
1.    Makan Siang
2.    Sertifikat Pelatihan
3.    Electronic-Modul  
4.    Software Super Decision
5.    Diskon 10% Konsultasi di SMART-Consulting

PENUTUP
Mengingat akan pentingnya suatu karya ilmiah dalam memberikan kontribusi untuk khasanah keilmuan maka, perlu didukung oleh alat analisis yang benar-benar applicable serta dapat dipertanggung-jawabkan. Besar harapan kami melalui pelatihan ini nantinya dapat memberikan pengetahuan baik secara teori maupun praktik bagi para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, mahasiswa tingkat akhir dan calon sarjana serta para peneliti terkait metodologi ANP.

KONTAK
SMART CONSULTING. Office: Perumahan Mutiara Bogor Raya Blok G4 No 3, Katulampa BOGOR
CP: Aam Slamet Rusydiana, Phone 087770574884, Email: aamsmart@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar